'Uji Nyali' Naik Kereta Gantung di Pantai Timang

Yang namanya Jogja, gak akan pernah habis kalau ngomongin tentang pantainya. Kali ini saya mau cerita tentang pengalaman saya waktu traveling ke Pantai Timang. Pantai Timang ini letaknya cukup jauh dari pusat Kota Jogja, yaitu ada di GunungKidul dan butuh waktu perjalanan sekitar satu setengah jam atau dua jam lebih.

 Jadi sebelum kesini, saya sudah liat banyak referensi tentang Pantai Timang dan sesuatu yang bikin unik serta penasaran adalah kereta gantungnya. Sebenarnya fungsi dari kereta gantung ini untuk nelayan setempat mencari lobster yang ada di tebing sebelahnya. Tapi lama kelamaan kereta gantung yang ada di Pantai Timang malah berubah jadi spot atau objek wisata yang 'hitz' dimedia sosial.



Kereta Gantung
Ditarik beberapa orang
Yang pasti ini bukan saya

Jadi memang kereta gantung ini masih pakai tenaga manual alias tenaga manusia buat narik keretanya supaya bisa jalan kesebrang. Tapi hal yang harus kalian ketahui bahwa kalau nyoba naik ini kalian gak bakal ditarik sampai ke ujung, tapi cuma sampai tengah aja terus biar temen kita ngefotoin kayak contoh foto diatas. Lagian kalo sampai ujung emang mau ngapain? Nyari lobster kayak nelayan?
Kalau menurut saya sih ini 'safety'-nya masih kurang, liat aja kereta sekecil itu tapi pengamanan keselamatannya masih minim dan siapa yang mau jamin, makanya uji nyali betul kalo naik ini. Kalau saya sih pas liat bawahnya lautan batu karang disertai ombak, jadi mikir batalin naik ini. Serem. Tapi saya penasaran gimana ya nyambungin tali dari ujung sini ke ujung sana? Mungkin kalian ada yang tahu?
Tempatnya ditebing sih dan bebatuan agak licin sekitar sini, harus ekstra hati-hati ketika ngelangkah dan jangan main sampai keujung-ujung karena semakin keujung kita lebih dekat sama jurang.

@mayang_rineksi
Bonus selfie
Entah siapa menarik untuk di jepret

Jangan smpai ujung ya

Katanya pantai kok gak ada pantainya? Oke, sebenarnya pantainya itu ada disebelah timur bagian bawah. Karena Pantai Timang terkenal dengan kereta gantungnya jadi dari tadi fokus nyeritain tentang kereta gantungnya. Kalau begitu kita langsung kebawah aja liat pantainnya sambil main-main disitu.
Jadi pantainya sendiri itu kecil dan banyak karangnya di tepi pantai kemudian kanan kirinya diapit tebing, yang salah satunya tebing yang ada kereta gantungnya itu.

This
Nah itu dia tadi pengalaman saya ketika ke Pantai Timang, mungkin menurut saya sekarang sudah banyak perubahan disini. Orang Jogja itu kreatif untuk bisa menarik wisatan supaya berkunjung dengan berbagai macam inovasi dan kreasi yang mereka ciptakan.

Hs
Bayu Prakoso

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pantai Watu Kodok? Nama yang Unik

Harta Terindah di Dlingo, Bantul

Indahnya Bukit Paralayang Jogja & Nyobain Naik Paralayang